Berbagai Jenis Formula Kosmetik yang Harus Anda Ketahui

Meskipun ada ribuan jenis produk kosmetik, sebenarnya hanya ada 10 jenis yang berbeda dari formula kosmetik. Berikut ini adalah gambaran singkat tentang jenis-jenis termasuk jenis mereka, bagaimana mereka dibuat dan kapan Anda menggunakannya.

Kategori dasar formula kosmetik termasuk :

1. Larutan Kosmetik
Ini adalah jenis yang paling sederhana dari formula kosmetik dan digunakan untuk berbagai produk seperti shampoo, sabun, pembersih tangan, cologne, dl.l Mereka adalah campuran homogen dari bahan-bahan larut.

Untuk membuat mereka Anda hanya perlu mengisi kontainer Anda dengan pengencer utama (biasanya air) lalu campurkan sisa bahan ke dalamnya. Kadang-kadang sistem pemanasan akan sedikit meningkatkan kecepatan melarut di mana Anda dapat membuat mereka larut lebih cepat.

2. Krim / Emulsi
Mayoritas kosmetik menggunakan bahan baku yang tidak kompatibel sehingga tipe krim atau emulsi digunakan. Emulsi adalah campuran stabil antara minyak dengan air.

Mereka digunakan untuk produk seperti pelembab tangan, make up, kondisioner rambut, tabir surya, dll. Untuk membuat mereka Anda perlu tiga komponen formula termasuk fase minyak, fase berair, dan emulsifier.

Formula dibuat dengan memanaskan fase minyak dan air secara terpisah, kemudian mencampurkannya bersama-sama (bersama dengan emulsifier) ketika mereka panas, lalu dinginkan campuran tersebut. Hasilnya adalah krim dengan partikel-partikel kecil terdispersi dalam fasa pengencer.

3. Lotion
Krim tidak selalu sesuai untuk beberapa aplikasi karena mereka bisa terlalu berat atau berminyak. Dalam kasus ini, bentuk lotion digunakan. Lotion pada dasarnya krim tipis.

Mereka digunakan untuk pelembab wajah, conditioner rambut leave-in, dan pelembab pembersih. Karena ini adalah emulsi, Anda membuat mereka dengan cara yang sama dengan yang Anda lakukan saat membuat krim. Mereka umumnya lebih mudah karena Anda tidak perlu khawatir tentang mendapatkan emulsi yang cukup tebal karena dingin.

4. Suspensi
Suspensi adalah bentuk produk lain untuk mencampurkan bahan-bahan yang tidak kompatibel. Tidak seperti krim, mereka biasanya produk dengan partikel yang terlihat jelas seperti manik-manik gelatin atau mineral anorganik (titanium dioksida).

Mereka digunakan untuk tabir surya, pencuci tangan atau shampo. Untuk membuat mereka Anda perlu menyertakan polimer yang memberikan formula beberapa struktur internal. Bahan-bahan seperti karbomer atau bentonit juga bisa berguna.

5. Salep
Ini adalah produk super tebal yang digunakan untuk hal-hal seperti produk kulit rambut dan obat. Biasanya, mereka anhidrat (tidak mengandung air) dan lengket serta berminyak.

Beberapa bahan yang umum digunakan untuk membuat pasta termasuk petrolatum, lanolin, atau dimethicone. Membuat mereka adalah masalah sederhana, hanya dengan memanaskan bahan baku dan pencampuran mereka cepat sampai mereka tersebar.

6. Tablet & Kapsul
Bentuk produk lain yang sering digunakan untuk membuat warna kosmetik adalah tablet. Ini adalah padatan fisik yang dibuat bersama dengan cara ditekan ke dalam bentuk. Anda akan membutuhkan peralatan khusus untuk membuat produk ini. Mereka juga umumnya lebih mahal.

7. Bubuk
Salah satu jenis yang paling umum dari bentuk produk kosmetik adalah serbuk. Bubuk juga digunakan untuk produk seperti bedak bayi. Mereka hanya campuran bahan baku padat dicampur bersama-sama menjadi bubuk halus.

Beberapa bahan khas termasuk bedak, silikat, dan pati. Peralatan khusus yang diperlukan ketika membuat produk ini sebagai serbuk halus bisa berbahaya.

8. Gel
Bentuk umum lain dari produk kosmetik adalah gel. Ini adalah produk tebal dan biasanya bening. Ini berarti mereka tetap tebal sampai Anda menerapkan kekuatan yang membuat mereka tipis dan mengalir.

Gel digunakan untuk produk rambut, sabun, produk rias, dan dalam pasta gigi. Mereka dibuat dengan menggunakan agen pembentuk gel seperti polimer akrilik atau pengental selulosa.

9. Stick
Kadang-kadang Anda perlu membuat produk yang konsumen tidak akan selalu ingin menyentuh, misalnya, lipstik atau deodoran. Dalam kasus ini Anda akan menggunakan bentuk produk stick.

Stick adalah bentuk padat yang memberikan bahan aktif melalui tindakan menggosok. Cara Anda menciptakan mereka adalah dengan menggunakan sebagian besar bahan yang padat pada suhu kamar.

Bahan-bahan yang dipanaskan sampai mereka mencair, dicampur, dan dituangkan ke dalam cetakan atau wadah akhir. Ketika mereka dingin, mereka mengambil bentuk dari cetakan itu.

10. Aerosol
Aerosol lebih dari bentuk produk kemasan dari jenis formulasi tertentu. Anda benar-benar bisa membuat aerosol dari hampir semua formulasi kosmetik jika Anda memiliki propelan dan nozzle set-up.

Aerosol setiap kosmetik berwadahkan kaleng bertekanan. Mereka terdiri dari konsentrat dan propelan. Anda pertama kali membuat formula seperti yang Anda lakukan seperti kosmetik lainnya, kemudian mengisinya ke dalam kaleng. Anda menutup kaleng dan menekan menggunakan propelan yang sesuai.

Kosmetik

Related Articles

0 Comment